Representasi Perempuan Indonesia dalam Iklan Produk Perawatan Rambut di Youtube: Analisis Isi Kuantitatif
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jishi.222Kata Kunci:
representasi, standar kecantikan, perempuanAbstrak
Penelitian ini menganalisis representasi perempuan dalam iklan produk perawatan rambut di YouTube Indonesia. Menggunakan metode analisis isi kuantitatif, penelitian mengevaluasi simbol-simbol representasi perempuan dalam 41 iklan dari 13 merek populer. Hasil menunjukkan bahwa perempuan sering dengan ciri-ciri ideal seperti rambut panjang, hitam, berkilau, kulit putih, serta tubuh langsing merepresentasikan standar kecantikan ideal. Representasi ini mempengaruhi persepsi masyarakat tentang bagaimana perempuan direpresentasikan serta menimbulkan ekspektasi tinggi terhadap penampilan dan mempengaruhi rasa percaya diri perempuan di Indonesia. Penelitian ini berkontribusi memberikan pemahaman tentang bagaimana stereotip gender dalam iklan berperan pada pembentukan standar kecantikan yang sempit.
Referensi
Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9), 1-20.
Andhita, P. R., Sos, S., & Kom, M. I. (2021). Komunikasi Visual (Vol. 1). Zahira Media Publisher.
Annafi, S. P., & Azizah, L. N. (2020). Representasi Tubuh Ideal Perempuan dalam Iklan WRP Versi Limited Edition. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12025.
Arwanda, D., Wulandari, E. A., & Padma Saputra, M. R. (2021). Putih yang Ideal: Representasi Warna Kulit Perempuan dalam Iklan Kosmetik Vaseline Insta Fair Tahun 2013. Jurnal Audiens, 3(1), 48–60.
Atikah, N., Azzahra, K., & Sinaga, R. P. (2024). Citra Perempuan pada Iklan Shampoo
Dove Rambutku Mahkotaku: Analisis Wacana Kritis Kajian Sara Mills. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 1977-1984.
Eufrasia Aurora Sandra Putri. (2022). REPRESENTASI CANTIK DALAM IKLAN PRODUK NIVEA DI JERMAN DAN DI INDONESIA.
Fathoni, M., & Fadillah, D. (2021). Representasi dan Stereotip pada Perempuan Berkulit Gelap dalam Iklan “Fair and Lovely.” Jurnal Audiens, 2(1).
Hasrin, A., & Sidik, S. (2023). Awaluddin Hasrin 1, Sangputri Sidik 2 Jurnal Analisa Sosiologi Oktober (Vol. 12, Issue 4).
Ingram, G. P. (2023). Adolescent use of new media and internet technologies: debating risks and opportunities in the digital age. Routledge.
Izzati, J. F. (2019, September). Reinvensi Pesona Visual dari Kecantikan Wanita Nusantara. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2019 (pp. 205-211). State University of Surabaya.
Marpaung, I. R., & Lubis, F. A. (2022). Pengaruh Iklan, Sistem COD, dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada TikTokShop (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Sumatera Utara). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1477–1491.
Purwandari, S. N., & Nugroho, C. (2019). Makna Cantik Pada Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Iklan Clean And Clear Versi# Iambright Movement). eProceedings of Management, 6(2).
Putri, N. N. S., Khoirunnisa, B., & Dewi, L. A. (2022). Identitas Perempuan Indonesia Cantik Ala Korea Dalam Iklan Pond’s Versi Wendy Red Velvet. Borobudur Communication Review, 2(2), 74-83.
Satria, G. D., & Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Garnier Sakura White Dan Wardah White Secret. Komuniti?: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 93–119.
Suryani, T. I., Hidayatullah, A., Mayangsari, Y. R., & Rahmi. (2020). Representasi Perempuan Tangguh Dalam Iklan Shampo Pantene Pro-VItamin Series. Komunikasistisip.Ejournal.Web.Id, 7 Nomor 1, 158–167. https://komunikasistisip.ejournal.web.id/index.php/komunikasistisip/article/view/262.
Tangka, G., Tawas, H., Dotulong, L., Christine Tangka, G., Tawas, H. N., Dotulong, L. O., & Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, F. (2022). Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Sepatu Merek Ventela (Ventela Shoes) Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNSRAT Angkatan 2018. Jurnal Emba, 10(1), 383–392.
Tindangen, M., Engka, D. S., & Wauran, P. C. (2020). PERAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS: PEREMPUAN PEKERJA SAWAH DI DESA LEMOH BARAT KECAMATAN TOMBARIRI TIMUR KABUPATEN MINAHASA). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03).
Ulfah, N. A. (2024). Korelasi Rambut Berwarna dengan Stigma Kecantikan Perempuan Urban?: Studi Kasus Kota Semarang. 3(4), 307–316.