Evaluasi Psikometrik Skala Internal Locus of Control pada Mahasiswa Indonesia dengan Menggunakan CVI Aiken dan CFA

Penulis

  • Muhammad Qaulan Ma'rufa Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Galang Arya Tama Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Rinda Nur Adha Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Sabrina Andini Maulidiya Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Dheiya’ Ulhaq Azmi Mustin Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Desti Purnamasari Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Rahayu Farida Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Kumaidi Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.226

Kata Kunci:

internal locus of control, kepercayaan diri, mahasiswa

Abstrak

Dalam lingkup akademik, pencapaian mahasiswa dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal, di mana internal locus of control memainkan peran kunci dalam keberhasilan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas serta reliabilitas skala pengukuran internal locus of control pada mahasiswa Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner daring. Validasi isi dilakukan menggunakan metode Content Validity Index (CVI) AIKEN dengan 12 ahli psikologi, sedangkan reliabilitas diuji menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 71 item valid dari 100 item awal, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,920 yang mengindikasikan konsistensi internal skala yang sangat baik. Dalam penelitian ini juga digunakan model CFA untuk  mendapatkan informasi apakah item-item konstruk alat ukur skala Internal Locus of Control  ini bersifat unidimensional, hasil uji dengan model CFA ini menunjukan bahwa dari 71 item yang valid terdapat 22 item yang “fit” .Kontribusi penelitian ini adalah menyediakan instrumen psikometrik yang valid dan reliabel untuk mengukur internal locus of control mahasiswa, yang dapat digunakan dalam penelitian psikologi pendidikan dan pengembangan intervensi akademik.

Referensi

Achadiyah, B. N., & Laily, N. (2013). PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XI, No. 2, Tahun 2 page 11-18.

Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single aitems or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings, educational and psychological measurument. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142.

Arifin, Z., & Rahayu, I. T. (2011). Hubungan antara orientasi religius, locus of control dan psychological well-being mahasiswa fakultas psikologi universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. El-QUDWAH

Gunawan, I. (2015). Pengaruh komitmen organisasional dan locus of control terhadap kinerja karyawan pada PT. Nikkatsu Electric Works Bandung. Jurnal Management Undergraduate, 1(1), 1-12.

Mufidah, A. C. (2017). Hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi yang dimoderatori oleh locus of control pada mahasiswa bidikmisi. Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi, 16(2), 121-130.

Megayani, N. K., Suryandari, N. N. A., & Arie, A. A. P. G. B. (2020). Pengaruh independensi, due professional care dan locus of control terhadap kualitas audit dengan pengalaman auditor sebagai variabel moderasi pada KAP di Provinsi Bali. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 133 – 150

Muslimah, A. I. (2012). Agresifitas Ditinjau dari Locus of Control Internal pada Siswa SMK Negeri 1 Bekasi dan Siswa di SMK Patriot 1 Bekasi. SOUL: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 5(2), 33-54.

Halizah, S. N., Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2023). Pengaruh Lokus Kendali Internal, Kemandirian, Perilaku Produktif, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(1), 9-19.

Herawati, L., & Apiati, V. (2018). Analisis Faktor Individual Locus of Control. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 4(1).

Indriasari, D. P., & Angreany, A. (2019). Pengaruh Locus of COntrol dan Beban Kerja terhadap Kinerja Pegawai Melalui Etos Kerja Pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. YUME: Journal of Management, 2(3).

Zulkaida, A., Made Taganing Kurniati, N., Retnaningsih, R., Muluk, H., & Rifameutia, T. (2012). Pengaruh locus of control dan efikasi diri terhadap kematangan karir siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Rotter, J. B. (1966). Generalized expectancies for internal versus external control of reinforcement. Psychological monographs: General and applied, 80(1), 1.

Smith, J. A., & Jones, B. R. (2019). The relationship between internal locus of control and academic performance among university students. Journal of Educational Psychology, 45(2), 123-145.

Susanti, S. (2016). Pengaruh Locus of Control Internal Dan Pendapatan Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 5-17.

Diterbitkan

2025-05-20

Cara Mengutip

Qaulan Ma’rufa, M., Arya Tama, G., Nur Adha, R., Andini Maulidiya, S., Ulhaq Azmi Mustin, D., Purnamasari, D., Farida, R., & Kumaidi, K. (2025). Evaluasi Psikometrik Skala Internal Locus of Control pada Mahasiswa Indonesia dengan Menggunakan CVI Aiken dan CFA. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 5(1), 27-38. https://doi.org/10.52436/1.jishi.226